Tags

, , , , , ,

MOJOSARI euy…

This slideshow requires JavaScript.

wow, Mojosari. kota yang penuh kenangan.😀

kota ini termasuk kota kecil di sudut kabupaten Mojokerto. Secara de facto, kota Mojosari adalah pusat dari Kabupaten Mojokerto. Mojosari menjadi pusat kabupaten Mojokerto secara de facto karena Mojokerto memiliki dua wilayah dati-2, yakni kota Mojokerto (dulunya bernama kotamadya Mojokerto, terdiri dari 2 kecamatan di bawah wilayah administratif pemkot Mojokerto) dan Kabupaten Mojokerto (di bawah wilayah administratif Pemkab Mojokerto). Pusat Kabupaten Mojokerto bukanlah Kota Mojokerto, karena sudah terpisah secara wilayah administratif. Pusat Kabupaten Mojokerto yang sebenarnya justru adalah kota Mojosari, itulah kenapa untuk perlombaan ADIPURA Nasional, yang dilombakan adalah kota Mojosari untuk mewakili kabupaten Mojokerto. Namun, anomali memang terjadi, karena meskipun kota Mojosari adalah pusat de facto kabupaten Mojokerto, tapi seluruh pusat administratif justru banyak terpusat di Kota Mojokerto (Pendopo Kabupaten Mojokerto terletak di sebelah alun-alun Kota Mojokerto, kantor-kantor administratif juga lebih banyak terletak di Sooko).

By the way, Kenapa Mojosari penuh kenangan? konon, pada masa SMP, saya mengenyam pendidikan di kota ini. tepatnya di SMPN 1 Mojosari, SMP yang letaknya kurang lebih 8 kilometer dari Kutorejo -tempat tinggal saya-, merupakan SMP favorit di Mojokerto pada masanya karena keberhasilannya meraih dan mempertahankan posisi DANEM tertinggi dan juga rata-rata DANEM tertinggi kabupaten Mojokerto selama 10 tahun berturut-turut, Juara Olimpiade tingkat Kabupaten, dsb (btw, saya termasuk generasi terakhir. Beberapa tahun setelah itu, rata-rata siswa asal Mojosari dan sekitarnya lebih memilih melanjutkan sekolah di SMPN 1 Ngoro yang jaraknya tentu lebih jauh kalau dari rumah saya). Pada masa itu, saya berangkat sekolah dengan mengendarai angkutan umum lyn merah. angkutan umum ini membawa saya menempuh rumah tempat tinggal saya dengan sekolah selama kurang lebih 30-40 menit, dengan rincian 20-30 menit adalah dari rumah menuju terminal Mojosari (kini terminalnya dipindah di sebelah timur kota Mojosari, CMIIW), dan 10 menit adalah jalan kaki dari terminal Mojosari menuju sekolah (padahal naik motor hanya perlu 5 menit, ckck, hukum relativitas waktu). Tak heran jika pada masa itu saya terkenal “telatan” kalau pagi. Telatan tuh sebenarnya juga bukan karena sayanya yang malas, tapi karena angkutannya yang memang sedikit unpredictable, tidak bisa ditebak ngebut atau tidaknya. hehe..

SMPN 1 Mojosari

apakah itu Mojosari? dimanakah letak Mojosari? inilah kutipannya :

dikutip dari : http://id.wikipedia.org/wiki/Mojosari,_Mojokerto

Mojosari adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Pusat kecamatan ini berjarak 18 km sebelah timur Kota Mojokerto. Mojosari berada di jalan provinsi yang menghubungkan Mojokerto dengan Kota Pasuruan.

Mojosari secara de facto merupakan pusat Kabupaten Mojokerto, dan saat ini banyak gedung pemerintahan yang dipindahkan ke Mojosari dari Kota Mojokerto. Mojosari juga tempat yang baik untuk ditinggali atau dikunjungi untuk pariwisata, Mojosari juga tempat yang indah. Mojosari merupakan salah satu kota kecil sebagai ibu kota kabupaten Mojokerto yang berada di kaki gunung welirang, berjarak sekitar 15 km utara Pacet. Mojosari sebagai kota Adipura memiliki keindahan kota yang berbeda dengan kota lainnya, pepohonan yang rindang, pot bunga di sepanjang jalan dan kebersihan kota yang terjaga dengan baik. Dengan begitu udara Mojosari sangat sejuk dan segar jika dibandingkan dengan kota Mojokerto.

sebagai kota dari kabupaten Mojokerto, Mojosari memiliki beberapa fasilitas umum, diantaranya:

  1. Pasar Raya Mojosari di Jalan Gajahmada dan Jalan Pemuda. Merupakan pasar tradisional terbesar di kabupaten Mojokerto tersedia berbagai kebutuhan keseharian, sembako, tekstil dll.
  2. Terminal Mojosari di Jalan Brawijaya Mojosari berjarak 6 km dari kota, merupakan terminal yang baru dibangun Pemkab Mojokerto. merupakan terminal penghubung antar kecamatan, bus antarkota dan kebutuhan transportasi lokal.
  3. Pasar ikan di Jalan Kartini
  4. Pasar Buah di Jalan Pemuda
  5. RSUD. Prof. Dr. Soekandar di Jalan Hayam Wuruk
  6. Stadion Gajah Mada di Jalan Gajahmada sebagai basecamp PS Mojokerto Putra
  7. Kantor Kepolisian Resor Mojokerto
  8. Pusat-pusat perbelanjaan, industri dan perdagangan di seluruh kawasan Mojosari

nah, begitulah kira-kira Mojosari.

banyak yang bingung beda antara kota Mojosari dan kota Mojokerto (termasuk istri saya). Saya jelaskan bahwa kota Mojosari terletak di kawasan kabupaten Mojokerto, sedangkan kota Mojokerto adalah kawasan daerah tingkat II yang terpisah secara administratif dari kabupaten Mojokerto. Seperti Malang, Kediri, atau Madiun yang juga memiliki wilayah administratif kota dan kabupaten yang saling terpisah.

Mojosari secara geografis sebenarnya cukup strategis, terletak lebih dekat dengan Pasuruan, Sidoarjo, atau bahkan Surabaya. Kebetulan SMPN 1 Mojosari dan SMAN 1 Mojosari terletak bersebelahan, tepatnya di Jl. Pemuda (jalan protokol yang biasa dilalui saat pergi ke Surabaya). jadi teringat masa-masa kelam pada saat itu, setiap pagi harus berlarian menelusuri Jl. Pemuda dari terminal hingga sekolah biar tidak telat sampai gerbang sekolah, karena saya terkenal telatan, hahaha…😀

petualangan yang aneh..